Seramnya Rumah Pocong Sumi Di Kotagede, Yogyakarta

Misteri Indonesia

Kota Yogyakarta yang masih kental dengan nuansa kejawen memang tidak mampu terlepas dari hal – hal mistis. Mulai dari cagar budayanya yang masih banyak menyimpan misteri hingga banyak rumah menakutkan yang menawan untuk dibahas. Salah satu yang hendak kita bahas kali ini ialah Rumah Pocong Sumi.

Rumah tua yang terkenal seram ini telah berusia lebih dari 100 tahun dan berada di Kotagede, Yogyakarta. Bangunan yang dikenal dengan nama Rumah Pocong Sumi ini sering dijadikan kawasan untuk uji nyali, dan bahkan sering masuk media televisi alasannya adalah keangkerannya.

Bagunan ini memiliki situasi yang lembab dan pengap, semua orang yang berada disana pasti tidak akan bisa damai, seperti banyak sosok yang sedang memperhatikan kehadiran kita. Banyak juga saksi mata yang melihat pocong Sumi sedang bangun di teras rumah tersebut.

Warga sekitar dan saksi mata mengatakan, kehadiran Pocong Sumi lazimnya   di atas pukul 10 malam, saat jalanan telah sungguh sepi. Jadi bila kalian ingin melihatnya, kalian bisa mendatangi Rumah Pocong Sumi jam 10 ke atas.

Masih ada seorang penjaga di Rumah Pocong Sumi ini. Menurut sang penjaga rumah. Bangunan ini didirikan sekitar tahun 1860 dan dimiliki oleh seorang menteri Agama di jaman Soeharto. Rumah ini sudah dibiarkan begitu saja selama 40 tahun. Kondisi rumah ini juga sudah tidak dihuni namun tidak juga di jual, karena masih ada hak warisnya. Pemilik rumah ini telah meninggal, dan mahir warisnya memilih untuk tinggal di tempat lain.


Baca juga: Angkernya Rumah Hantu Darmo di Surabaya


Rumah Pocong Sumi

Sejarah kenapa bagunan tersebut dinamakan Rumah Pocong Sumi, ialah sebab menurut buku Jogja Hidden Story, tepatnya pada tahun 1935. Rumah tersebut dihuni oleh seorang perempuan bernama Sumini berserta suaminya.

Di sebuah malam, suami Sumi mesti pergi untuk urusan bisnis, suaminya berpesan semoga tidak membukakan pintu untuk siapapun alasannya adalah Sumini sedang sendirian. Ternyata benar saja, rumah tersebut sudah diincar oleh 3 orang rampok. Pada malam perampokan, mereka menggedor-gedor pintu dengan alasan bahwa suami Sumi mengalami kecelakaan.

Karena panik Sumi pun segera membuka pintu, dan lupa akan pesan suaminya. Ketiga rampok itu pribadi menjarah harta benda di dalam rumah. Sumini pun diperkosa lalu dicekik lehernya hingga meninggal. Inilah yang diandalkan menjadi penyebab arwah Sumi masih menghuni rumah tersebut dan sering kali menampkan diri dalam wujud pocong.

Penjaga rumah juga mengatakan bahwa ada kamar terlarang yang berisi dua lemari besi berkarat dan digunakan sebagai kawasan menyimpan berlian-berlian milik kakek buyut penunggu rumah itu. Di bagian pintunya terdapat goresan pena ‘Dilarang Masuk!’.

Ruangan Terlarang di Rumah Pocong Sumi

Ada juga seorang berjulukan Dimas yang pernah mampir ke rumah ini. Ternyata Dimas memiliki mata batin yang dapat melilhat para “penghuni” rumah tersebut.

Di situ seperti kerajaan simpanse putih, ada noni belanda, ular dengan mustika di kepalanya, kuntilanak, juga ada genderuwonya. Itu gres di luarnya saja. Di dalamnya lebih ngeri, lebih rame makhluk ghaib yang berdiam di kamar itu. Kalau kata penjaganya sih rame banget kaya Malioboro.

Twitter 1

Foto 1

Foto 2

Foto 3

Foto 4

Foto 5

Twitter 2

Jika kalian penasaran untuk melihat pribadi keadaan Rumah Pocong Sumi, atau bila anda ingin menguji nyali anda. Anda mampu langsung berkujung ke tempat tinggal tersebut tepatnya di Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, No 197 RT.02/09, Yogyakarta.